INILAH REKOMENDASI SILATNAS 2012!

Silatnas 2012, Kopo, Jawa Barat

Mei 2012 – Ketika 149 peserta pengurus Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak – DPD Partai Demokrat dari 32 Provinsi, Ketua PDRI dari 28 provinsi dan perempuan legislator tingkat DPRD dari 10 Provinsi berkumpul di SILATNAS 2012, hasilnya luar biasa. Secara aktif peserta merumuskan 5 (lima) butir rekomendasi SILATNAS 2012 untuk pemenangan PEMILU 2014 sekaligus pemenuhan kuota 30% keterwakilan perempuan. Inilah Rekomendasi dari Silaturahmi Nasional (SILATNAS) Departemen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak – Partai Demokrat Tahun 2012:

Aktif mengkuti acara Silatnas 2012,kopo, Bogor, Jawa Barat

 

  1. Menggunakan strategi lintasan ganda (double track strategy), yaitu meningkatkan jumlah (kuantitatif) dan kapasitas (kualitatif), untuk pemenuhan kuota keterwakilan perempuan 30% di parlemen.

 

  1. Menempatkan 30% lebih calon legislatif (caleg) perempuan di semua tingkatan mulai dari DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota pada nomor urut 1 (satu) di Pemilu 2014.

 

  1. Menempatkan Perempuan pada posisi strategis dan pengambil keputusan di segala tingkatan mulai dari DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Jika memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku, DPP Partai Demokrat harus berani mencalonkan perempuan Partai Demokrat untuk menjadi Gubernur/Bupati/Walikota.

 

  1. Menggunakan daftar nama perempuan potensial sebagai acuan untuk menentukan calon legislatif perempuan Partai Demokrat. Departemen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sedang menyusun daftar perempuan potensial, yang akan diserahkan sebelum April 2013 kepada Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat (Pimpinan Pusat Partai Demokrat). Kriteria yang digunakan dalam penyusunan daftar perempuan potensial, sebagai berikut: (a) Tidak pernah menjadi narapidana, (b) Peduli dan membela hak-hak perempuan dan anak, (c) Tidak melakukan diskriminasi berdasarkan ras, etnis dan agama atau identitas lainnya, (d) Mendahulukan kepentingan partai demi kepentingan bangsa dan negara, (e) Akuntabel dan menghayati prinsip-prinsip anti korupsi, (f) Memiliki pendidikan formal S1 atau SMU, (g) Pernah mengikuti pelatihan-pelatihan Partai Demokrat, (h) Memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga mampu berkontribusi aktif dan konstruktif pada rapat-rapat dewan, berkampanye dan menyampaikan pesan-pesan partai ke konstituen dan publik, dan (i) Memiliki jaringan yang luas baik di internal maupun eksternal partai.

 

  1. Menggunakan tema kampanye nasional, dalam upaya pemenangan Pemilu 2014, sebagai berikut: Pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs), Supremasi hukum dengan melakukan advokasi dan perlindungan hukum bagi perempuan dan anak korban kekerasan, menghapuskan perdagangan manusia (trafficking) dan melindungi pekerja migran, Pemberdayaan ekonomi pro-rakyat, terutama perempuan, melalui Usaha Kecil Menengah (UKM), Wajib belajar 12 tahun secara gratis, Peduli kesehatan ibu dan anak dengan Program Jaminan Persalinan (JAMPERSAL). Sedangkan isu yang digunakan untuk kampanye di tingkat lokal disesuaikan dengan kondisi dan situasi di daerah masing-masing dengan terus bekerja sama dengan konstituen dan berjejaring dengan pengemban kepentingan (stakeholder).

Panitia, Peserta, dan Narasumber Silatnas 2012

Kopo, Cipanas, Jawa Barat, 5 Mei 2012

Departemen Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak – Partai Demokrat

Mega World News Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google Yahoo Buzz StumbleUpon Weekend Joy

1 comment for “INILAH REKOMENDASI SILATNAS 2012!

  1. Fransiska Rahayu Budiwiarti
    August 21, 2012 at 12:57 pm

    Mohon dikirim materi2 untuk persiapan pembuatan Ranperda tentang jaminan kesehatan, perlindungan anak dan lansia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *